KEGIATAN BAITUL ARQAM PIMPINAN CABANG MUHAMMADIYAH DUREN SAWIT II JAKARTA TIMUR



Tanggal 21 Jumadil Awal 1438 H / 18 Februari 2017 M bertepatan hari bermuhammadiyah yang jatuh pada hari sabtu, SD Muhammadiyah 09 Plus mengadakan kegiatan Baitul Arqam yang diselenggarakan oleh Majelis kader. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Majelis Dikdasmen Duren Sawit II, Pengurus Cabang Muhammadiyah Duren Sawit II, Warga muhammadiyah, Pengurus Aisyiyah termasuk para guru dan karyawan.
Baitul Arqam adalah salah satu bentuk sistem perkaderan Muhammadiyah yang berorientasi pada pembinaan ideologi (Al-Islam dan Kemuhammadiyahan) dan kepemimpinan dalam persyarikatan beserta ortom dan amal usaha Muhammadiyah. Tujuannya adalah untuk menciptakan kesamaan dan kesatuan sikap, integritas, wawasan dan cara berfikir di kalangan Persyarikatan dan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM). Baitul Arqam diselenggarakan dengan mempertimbangkan kebutuhan dan kepentingan persyarikatan terhadap laju efektifitas dan efisiensi dakwah dan kaderisasi dalam Muhammadiyah.
Kegiatan ini berlangsung pukul 09.30 WIB sampai dengan 18.00 WIB. Materi pertama yang dibawakan adalah tentang sejarah persyarikatan muhammadiyah dari Yogyakarta sampai ke Pondok Bambu yang disampaikan oleh Bapak H. Ibin Sobirin. Pada sesi kedua materi yang disampaikan adalah keorganisasian persyarikatan Muhammadiyah yang disampaikan oleh Dr. M. Nur Rianto Al Arif, M.Si. Sesi ketiga berisi materi yang disampaikan oleh H. Moh. Shodiq, MR, M.Pd.I Bertema tentang Himpunan Putusan Tarjih (HPT) Kitab Sholat. Sesi Keempat bertema tentang Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah yang disampaikan oleh Drs. H. Moch. Mukti. Sesi yang terakhir bertema tentang Ideologi Muhammadiyah yang disampaikan oleh Bapak Drs H. Nandy Rahman, MM.
Dengan diadakannya kegiatan Baitul Arqam diharapkan seluruh anggota persyarikatan memiliki kesatuan sikap, integritas, wawasan dan cara berpikir dalam memahami dan melaksanakan misi Muhammadiyah, dapat memiliki pemahaman yang benar terhadap ideologi gerakan Muhammadiyah serta     memiliki kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai perjuangan Muhammadiyah melalui program Muhammadiyah dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.


     Penulis : Fatmawati, SE















Share this

Related Posts

Previous
Next Post »